20
Oct
08

mulai dari hal kecil dulu

Waktu itu aq lagi dalam perjalanan pulang ke Jogja naik bis AKAP. Kebetulan sebelum berangkat aq beli air mineral untuk di jalan kalau haus. Baru beberapa saat bis jalan tiba-tiba aq ingin minum. Maklum iklim di daerahku panas sekali, dari sejak siang aq mempersiapkan barang-barang bawaan, jadi capek skalli sehingga banyak keluar keringat, alias dehidrasi.

Karna haus, langsung aja aq keluarkan air mineral tadi, tutupnya yg mamsih disegel langsung ku sobek dan kucari tempat untuk membuang sampah plastik bekas segel botol air mineral itu. Tapi aq lihat di sepanjang lorong bis yang membagi tempat duduk penumpang menjadi dua baris itu tidak satupun tong sampah. Biasanya si ada, tapi kok saat itu belum ada. Sempat terbesit dalam hati untuk membuang segel plastik itu di kolong bangku, tapi niatan itu kalah dengan ketakutanku kalau-kalau tindakan jelekku itu akan menambah efek global warming yg salah satunya akibat sampah plastik yg dibuang sembarangan. Akhirnya, aq bertanya pada crew bis, bisnya ada tong sampahnya ga? Yah, ternyata memang belum dikeluarkan. Kenapa si ga dikeluarkan dari tadi..

Plastik segel botol itu masih dalam genggamanku, benar-benar ku tunggu sampai tong sampah itu di keluarkan, dan akhirnya beberapa saat setelah itu tong sampah diletakkan di tempat biasa, salah satunya ada di sebelahku. Akhirnya malam itu aq berhasil berbuat sesuatu yg dengannya aq berharap tidak menjadi salah seorang yg bertindak yg dapat menyebabkan efek global warming bertambah.

Plastik sendiri merupakan bahan yg tidak cukup baik bagi kesehatan dan lingkungan jika tidak diberi perlakuan yg sesuai, termasuk cara membuangnya. Hal itu dilakukan karna sampah plastik memiliki kapasitas 10% dari total volume sampah dan terus meningkat. Yang membahayakan, plastik terbuat dari polimer sintetik yg tidak mudah diurai organisme dekomposer. Adapun untuk mengurainya secara alamiah dibutuhkan waktu sekitar 300-500 tahun lamanya. Lama bgt! Jika dibakar, itu juga bukan solusi. Plastik yg tidak sempurna terbakar di bawah 800 derajat celcius akan membentuk senyawa dioksin yg sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan (ilmuwan.wordpress.com). Nah, dari sini sampah plastik memberi efek pada bertambahnya global warming.

Itu dia, hal kecil yg banyak diacuhkan banyak orang, buang sampah tidak pada tempatnya! Mudah sekali, namun demikian banyak orang yg malas melakukannya. Kita hidup butuh manajemen yang menjadikan kita hidup teratur dan sesuai aturan. Manajemen sebagian besar bisa disamakan dengan etika. Jadi, etika membuang sampah yang benar adalah pada tempatnya. Mulai dari hal kecil seperti ini kita coba menjadi orang yg peduli pada lingkungan, baru kemudian kita biasakan untuk tertib pada setiap aktivitas kehidupan yg lainnya. Lagipula jauh saat Nabi Muhammad di utus dulu, agama Islam ini sudah sempurna. Yang menjadi salah satu kesempurnaannya adalah mengajarkan ummat Islam untuk hidup bersih dan teratur.

Wallahu a’lam


6 Responses to “mulai dari hal kecil dulu”


  1. 1 fajarbs
    October 22, 2008 at 12:29 pm

    Tul, setuju,,,,

  2. 2 dayat
    October 23, 2008 at 5:37 am

    setuju banget!! tapi aq boleh send comment, kalau menurutku, tulisan di blogmu bagus, tapi lebil bagus lagi kalau kamu mengklasifikasikan setiap hal jd beberapa bidang, jgn dicampuir aduk, contnya agama, science, etc. let’s maximize our writing, ok mas Angga atau mas fachri!

  3. November 3, 2008 at 8:30 am

    stop keserakahan …. 😀

  4. March 17, 2009 at 7:29 am

    heem. bener juga tuh. aku aja kalo habis makan permen, bungkus nya aku masukan ke kantong celana. ntar kalo ada tempat sampah, baru aku buang disitu. jangan lupa selalu menolak jika kita beli sesuatu menggunakan kantong plastik. HARUS bawa sendiri dari rumah!! di Eropa udah ada peraturan kayak gitu koq. supermarket tidak menyediakan kantong plastik. jika supermarket menyediakan maka harus ada pajaknya!! kalo di Indonesia gimana ya??

    yang penting dimulai dari kita sendiri dulu. semangat. OKK


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

%d bloggers like this: