07
Dec
08

adab-adab sebelum sholat ‘iedul adha

Alhamdulillah hari Raya Ummat Islam telah tiba. Gema Takbir berkumandang dimana-mana menandakan kegembiraan dan penghormatan atas datangnya Hari Raya ‘Iedul Adha sebagai nikmat dari Sang Pemberi Kenikmatan. Semua kaum Muslimin menuju tanah-tanah lapang untuk melaksanakan sholat ‘ied, ramai, gembira dan semangat.

Nah, sebelum kita pada berangkat ke tempat-tempat didirikannya sholat ‘ied, ada beberapa adab yang sunnah untuk dijalankan/dilakukan seperti apa yg pernah Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam dan para saabatnya contohkan, diantaranya : 

  1. Berhias serta berpakaian yang terindah dan terbaik (HR. Bukhori)
  2. Mandi sebelum melaksanakan sholat ‘ied (HR. Malik)
  3. Disunnahkan untuk tidak sarapan pagi sebelum melaksanakan sholat ‘iedul adha  (HR. Tirmidzi)
  4. Menempuh jalan yang berbeda pada saat berangkat dan pulang sholat ‘ied (HR. Bukhori)
  5. Membawa (mengajak) anak-anak dan wanita (HR. Bukhori)

Maaf postingannya terlambat di publish. Kalo tidak sempat dilaksanakan pada hari Raya ‘Idul adha kali ini, insya Allah bisa dilaksanakan pada Hari Raya berikutnya, amiin…


5 Responses to “adab-adab sebelum sholat ‘iedul adha”


  1. December 8, 2008 at 2:49 am

    alhamdulillah kahi… akhi
    masiy ada kompensasi utk perjuangkan dan sampaikan ajran Rasulullah…

    kebalikan ma idul fitri yak…
    coz klo idul fitri khan disunnahkan tuk makan (walau cuman apalah) sebelum brangkat/ abis subuh…

    semogha Allah barokahi ilmu yang kita miliki…
    amien…
    wallahu a’lam wa’ilmuhuu atamm…

    Insya Allah, amiin..

  2. December 8, 2008 at 10:04 am

    Yang jelas kalo idul adha, mama masak besar. Ada sop, semur, rendang.
    Hmm mantap

    yah syifa cuma cerita doank, bagi-baginya mana?🙂

  3. December 8, 2008 at 1:38 pm

    selamat makan sate kambinggg.. lho?

  4. December 8, 2008 at 3:46 pm

    Met Hari Raya Idhul Adha,
    Insya Allah keikhlasan hati kita semakin bertambah dan selalu bersyukur atas Nikmat-Nya.

    Betul…! Insya Allah

  5. August 23, 2014 at 7:03 am

    Jangan lupa mampir keblog ini y🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

%d bloggers like this: