07
Dec
08

antara pembinaan, penelitian dan kelelahan..

10 hari itu baru saja berlalu. Kegiatan yang dilakukan atas instruksi Universitas itu memang berlangsung 10 hari yg ditujukan untuk membina mahasiswa baru agar pemahamannya tentang agama Islam lebih meningkat lagi. Jadilah saya dan beberapa orang teman lainnya (angkatan atas) diminta untuk menjadi asisten pembina dalam kegiatan pembinaan keagamaan itu yang dilangsungkan di Rusunawa (rumah susun mahasiswa) UII. Memang Rusunawa itu baru pertama kali dioperasikan untuk yang pertama kalinya. 

Kegiatan berlangsung setiap harinya dimulai pukul 17.00 dan akan berakhir di pagi hari sekitar pukul 06.00, selanjutnya peserta kembali ke kegiatan perkuliahannya masing-masing. Kegiatan berisi pembelajaran dan perbaikan bacaan Alqur’an, hafalan Alqur’an dan beberapa doa harian, serta pendidikan agama seputar masalah ibadah dan thoharoh. Cukup padat kegiatan pembinaan itu setiap harinya. Di malam hari, kegiatan berlangsung sampai jam 22.30, lalu peserta istrahat dan akan dibangunkan pada pukul 03.00 dini hari untuk melaksanakan sholat malam, dan dilanjutkan dengan solat subuh serta pembinaan pagi hari sampai pukul 06.00.

Saya sendiri sepulang dari rusunawa harus kembali masuk Lab. untuk melanjutkan penelitian dosen yg kubantu. Hampir sisa waktu di sela-sela waktu pembinaan itu smuanya saya habiskan di laboratorium. Ya Allah capeknya. Di Lab. kebanyakan berdiri, rasanya tubuhku mau tumbang karna kaki yang tak tahan lagi menopang tubuh yang berbobot baru 55 kg ini. 

Biasanya saya keluar Lab. sekitar jam 14.00 atau jam 15.00. Pengennya si dilanjutkan dengan  sedikit tidur siang di kos, tapi takutnya kebablasan sampai lewat jam 5 sore terus telat hadir di rusunawa nantinya. Secara mahasiswa angkatan atas (ehm) tuntutan tepat waktu harus bisa dipenuhi. Insya Allah…

Terus terang rasanya lelah sekali. Pagi sampai siangnya harus sibuk dengan kegiatan kampus, terus malamnya pembinaan. Seusai pembinaan malam hari, asisten pembina biasanya briefing di ruang panitia. Ini bisa berlangsung sampai jam 23.30. hah..? Ini tidak biasa seperti yg saya lakukan dalam keseharian. Saya biasa tidur malam hari jam 22.00, karna memang siang harinya padat sekali.

Sampai pada waktu itu, saya harus mengisi kegiatan diskusi ilmiah, dan saya mendapat giliran untuk menjadi pembicara. Malam harinya saya berniat membuat slide presentasinya, tapi karna sudah lelah bgt, saya undur buat pagi harinya. Pagi harinya, ternyata tidak sesuai rencana, pembinaan selesai agak siang. Saya bingung bukan main, karna acara akan dimulai jam 8.30. Spontan saya memutuskan untuk langsung ke kampus menuju ruang acara (udah mandi belum ya..?). Di sana langsung saya buat slide presentasi itu, dan jadi sekitar kurang dari  1 jam. Parah kataku, saya harus terburu-buru kayak gini. Belum lagi sindiran teman-teman panitia karna saya telat menyiapkan  materi. Tapi alhamdulillah acara itu berlangsung dengan baik, walaupun ada sebagian peserta ada yg rada bingung ttg apa yg  saya sampaikan dalam diskusi ilmiah dengan topik “Pengurangan Emisi Gas Berbahaya Hasil Pembakaran Kendaraan Bermotor melalui Pengembangan Catalityc Converter” itu. Iyah, itu memang judul proyek penelitian dosenku yang sedang saya bantu. 

Haaah…hela napasku menghirup udara dalam-dalam, sembari menyadari kesibukan yg saya lalui hampir setiap harinya. Tekad saya dalam hati, jangan sampai mengeluh kalau memang apa yg dilakukan ini adalah untuk kebaikan. Selama ini saya khawatir kalau kesibukan ini hanya sebatas kegiatan dunia aja, dan rasanya waktu ini habis untuk mengerjakan hal-hal keduniawian. Alhamdulillah kali ini tidak (kataku dalam hati), masih ada waktu untuk berkumpul dengan anak baru UII itu untuk sama-sama belajar agama, membaca Alqur’an, hafalan, dll. Walaupun itu semua melelahkan, saya harap bisa menyeimbangkan kewajiban akhiratku di sela-sela kesibukan duniawiku.  

Sampai akhirnya, pagi hari ini saya menyempatkan untuk menulis. Dari tadi saya belum keluar kamar, kecuali ke masjid untuk sholat subuh, terus kulanjutkan tidur lagi karna terus terang badanku masih lelah, setelah hari terakhir pembinaan  kemarin hanya tidur 2 jam, itupun masih saya sempatkan untuk mengikuti acara Workshop Penulisan Ilmiah di kampus yang diadakan SRC.

Hah.? sudah hampir jam 12, sayah belum mandi🙂


2 Responses to “antara pembinaan, penelitian dan kelelahan..”


  1. December 7, 2008 at 7:30 am

    pantesan abis baca ni postingan ada bau” misterius… gak taunya ada yang belom mandi di sono… ngehehe…

    http://diazhandsome.wordpress.com

  2. 2 Rian Xavier
    December 7, 2008 at 11:50 pm

    Wah. Semangat deh.:mrgreen:


Leave a Reply

Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

