09
Dec
08

Pe-er dari Virdaus Rojaie07 (maaf ya baru di kerjain…)

image027Teruntuk Saudaraku Virdaus Rojaie07

Maaf-maaf,  saya baru sempat kerjain PR dari ente, soalnya buku itu lagi dipinjam sama teman beberapa minggu yg lalu. Mungkin ente sudah lupa pernah kasi PR ke saya untuk menjelaskan intisari dari buku yang berjudul “Andai si Mati Bisa Bicara” yg dulu pernah saya rekomendasikan untuk dibaca terkait masalah kematian. Naah, Isnya Allah kali ini ni saya akan membahas ttg buku itu semampu saya…

Jadi, seperti yg pernah saya jelaskan dulu lewat comment di blog ente, buku itu menjelaskan ttg apa-apa yg menjadi angan-angan orang yg sudah mati lantaran amalan buruk yg mereka perbuat selama hidup di dunia. Penyesalan mereka yg suka berbuat dosa semasa hidup di dunia membuat mereka memiliki angan-angan atau harapan untuk dikembalikan ke dunia hanya sekedar untuk melaksanakan sholat dua rokaat dan memohon ampun kepada Allah atas segala dosanya. Sholat dua rokaat menjadi sangat berharga bagi orang mati dibandingkan dunia seisinya. Dan mereka lupa atas kenikmatan dunia yg dinikmati semasa hidup dulu. Keterangan ttg angan-angan tersebut bukan diperoleh dari cerita si mati sendiri (apa bisa orang mati bercerita ttg sesuatu pada org yg masih hidup..?), melainkan diperoleh dari nash-nash yg ada dari Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam sendiri. Berikut diantara angan-angan mereka yg telah tiada…

Angan-angan mayit yg sholeh

  • Saat diusung di atas keranda

Abu Sa’id Al khudri rhadiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda

Bila jenazah telah diletakkan (di atas keranda) dan dipikul oleh orang-orang yang mengantarkannya, jika ia seorang yang sholeh maka akan berkata, “Segerakan Aku!” Namun jika ia seorang yang tidak sholeh, ia akan berseru, “Aduh celaka, kemana mereka hendak membawaku?!” Seruan tadi didengar oleh seluruh makhluk kecuali manusia. Bila manusia mendengarnya, niscaya mereka akan pingsan seketika. (HR. Bukhori).

  • Saat masuk ke liang kubur

Setelah dibaringkan dalam kubur dan diberi kabar gembira akan masuk Jannah, maka ia tak menginginkan untuk kembali ke dunia. Akan tetapi ingin agar kiamat segera bangkit agar dirinya segera merasakan kenikmatan surga. Segaimana yg disabdakan Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam bahwa seorang hamba yg mukmi, usai menjawab pertanyaan dua malaikat dalam kubur, ia akan mendengar seruan dari langit : 

“Hamba-Ku berkata benar, maka bentangkan baginya permadani Jannah, dan kenakan untuknya pakaian dari Jannah dan bukakan baginya pintu menuju kesana”. Maka terciumlah olehnya aroma Jannah yg wangi semerbak. Kuburnya pun meluas sejauh mata memandang, lalu datanglah seorang lelaki dengan paras dan pakaian yg menawan, baunya pun wangi.Lalaki itu berkata kepadanya, “Berbahagialah dengan segala yang menyenagkanmu. Inilah hari yang dijanjikan untukmu”. Si mukmin tadi lalu bertanya, “Siapakah Anda? Sungguh wajah Anda datang membawa kebaikan.” Aku adalah amal sholehmu”, jawab lelaki tadi. Maka si Mukmin tadi berdoa,” Ya Allah segerakanlah hari kiamat, aku ingin segera bersua dengan keuarga dan harta bendaku…”. (HR. Ahmad).

Angan-angan mereka yang fasik

  • Ingin sholat walau dua rokaat

Orang fasik berharap agar ia kembali hidup supaya dapat sholat meski hanya dua rokaat. Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam pernah melalui sebuah kuburan dan bertanya,

” Siapa penghuni kuburan ini?” Para sahabat berkata,”Si Fulan”, maka beliau bersabda,” Sholat dua rokaat lebih ia sukai dari apa yang tersisa dari dunia kalian”. (HR. Thabrani)

Dalam riwayat lain beliau bersabda : 

Dua rokaat ringan yang kalian remehkan dan kalian anggap sunnah, yang dapat menambah amal orang ini, lebih dia cintai dari apa yang tersisa dari dunia kalian”. (HR. Ibnul Mubarok)

  • Ingin bersedekah

Mereka yang telah tiada ingin dikembalikan ke dunia walau sesaat, tak lain agar dapat mendermakan harta mereka di jalan Allah. Allah menceritakan angan-angan mereka dalam firman-Nya :

Dan belanjakanlah dari sebagian apa yg telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu ; lalu ia berkata, “Ya Robbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematianku) sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang sholeh?” (QS. Al-Munafiquun : 10)

Sayang, setelah setelah kesempatan itu hilang, mereka baru yakin bahwa sedekah termasuk amalann yang paling dicintai Allah.

  • Ingin beramal sholeh

Angan-angan ketiga dari mereka yang telah tiada ialah kembali ke dunia meski sejenak agar menjadi orang sholeh. Mereka ingin taat kepada Allah, dan memperbaiki segala kerusakan yang dulu mereka perbuat. Mereka inin berdzikir kepada Allah, bertashbih, atau bertahlil walau sekali saja. Namun mereka tidak lagi diijinkan untuk itu. Kematian serta merta memupuskan segala angan-angan tersebut. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : 

Hingga apabilal datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Yaa Robbku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku beramal sholeh terhadap apa yang aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan di hadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan”. (QS. Al-Mukminun : 99-100)

Begitulah kondisi orang yang telah mati, mereka telah melihat akhirat dengan mata kepala mereka. Mereka tahu pasti apa yang telah mereka perbuat dan apa yang akan mereka terima. Dahulu mereka demikian mudah menyia-nyiakan waktu yang amat berharga untuk hal-hal yang tidak bermanfaat bagi akhirat mereka. Kini mereka sadar bahwa detik-detik dan menit-menit yang hilang tersebut sungguh tak ternilai berharga. 

Haaah, Memang harus kita sadari bahwa saat ini kita masih hidup dan mencoba menyadari apa saja yg sudah kita perbuat. Jangan sampai nanti setelah kita mati baru timbul penyesalan. 

Buku ini sangat baik untuk di baca sebagai pengingat kita yang masih hidup kepada kematian yg pasti datang. Jadii, kalau ada kesempatan dan dana yg cukup saya merekomendasikan untuk membelinya. Selamat membaca, dan buat Virdaus Rojaie07 sekali lagi saya minta maaf karna telat ngerjain PR dari ente.


5 Responses to “Pe-er dari Virdaus Rojaie07 (maaf ya baru di kerjain…)”


  1. December 9, 2008 at 1:29 pm

    assalamu’alaikum…
    akhi….
    syukron jazeelan, jazaakumulloh khoiron…
    atas jawabannya, afwan sebenare bukannya an kasiy pe-er siy…
    tapi khan alangkah baikNa klo dipost..hehehe…

    afwan lho akh, aku dah repotin…
    afwan ya…
    walhamdulillah

    wa iyyakum akhi..sante aja ini biasa kok,sama sekali ga ngerepotin. setidaknya sudah buat aq untuk murojaah isi buku itu, aq juga berterimakasih lho.., jazakumullah khoiron katsir..

  2. 2 qurratulaini
    December 10, 2008 at 3:59 am

    buku itu ada dijual di malaysia ga sich? heheheee..

    saya kurang tau. Insya Allah coba saya tanyakan ke distributornya

  3. December 10, 2008 at 4:15 am

    Bagus…..

    Posting lagi intisari buku yang lain donk, skalian buat referensi. hehehehe

    Insya Allah, skrg saya juga lagi baca buku yg lainnya. Isnya Allah kalo sempat saya coba utk posting isinya..Terimakasih sudah mampir..

  4. 4 agunk agriza
    December 13, 2008 at 7:54 am

    bermanfaat bgt postinggannya🙂

  5. January 3, 2009 at 1:56 pm

    Salam kenalan dan ini kunjungan perdana saya.

    salam kenal kembali. sering-sering mampir ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

%d bloggers like this: