05
Apr
09

memaknai kejadian setiap saat

Baru kira-kira satu bulan yang lalu jari tanganku terkena tendangan, entah kaki siapa yang tak sengaja menendang jari tanganku waktu maen bola dengan teman-teman Takmir Ulil Albab. Waktu itu aku disuruh jadi keeper, makanya tanganku ikut maen bola. Biasalah waktu rebutan bola sama musuh di depan gawang, aku berebutnya dengan tanganku sedangkan lawan tetap memainkan kakinya harap-harap bisa menembus gawang lawan. Akhirnya…ga cuma bola yang ketendang, jari tangan ku ikut ketendang. Kontan, aq langsung keluar lapangan sambil meringis kesakitan, rasanya mau patah jari tanganku. Aku khawatir, karna ni jari tangan kananku, ntar ga bisa buat nulis, apalagi da mata kuliah reaktor kimia yang kalo nyatat harus balapan sama pidatonya Pak Dosen.

Terus, baru kemarin ahad aku maen bola lagi. Belum lama aku turun ke lapangan, kakiku terkena tendangan. Haaa, sakit bgt, aku langsung keluar lapangan. Wah, pikirku ni pasti sakitnya lama dan aku bakal ga bisa ngapa-ngapain ni dalam keadaan jalan dah ga normal gini. Akhirnya siangnya aku minta diantarin ke rumah salah seorang warga yang bisa ngurut, tapi bisanya sore, karna orangnya sedang keluar. Waktu sholat dzuhur aku masih bisa sholat seperti biasa, paling hanya nahan sakit waktu duduk diantara dua sujud dan duduk tahiyat. Tapi, waktu sholat asar, ampun dah, kakiku dah ga bisa dilipat buat duduk tahiyat, sakitnya minta ampun, dan aku mulai saat itu solat sambil duduk.. Akhirnya, setelah sholat asar aku diantarin lagi ke tukang urut, diurut lumayan sakit, sampe teriak-teriak kesakitan.. Terus kata oranganya, sakit kek gini ni lama sembuhnya. Ha? Ya Allah mudah-mudahan aku sabar…

Ni musibah pasti ada hikmahnya. Sebenernya itu yang paling penting dan utama kita pahami. Seperti postingan ku yang dulu-dulu, musibah itu bisa menjadi penggugur dosa, selama orang yang tertimpa bisa sabar dan tidak mengeluh apalagi berprasangka buruk kepada Allah, a’udzubillahi min dzaalika… Hanya saja apakah kita smua bisa demikian ketika menghdapi setiap kejadian (musibah) yang menimpa kita? Yang tau jawabannya adalah kita sendiri. Beruntung jika kita adalah termasuk orang-orang yang sadar diri akan musibah yang menimpa kita, sehingga Allah sudah menyediakan pahalanya yang disampaikan melalui hadits Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam yang artinya :

Tidak ada musibah yang menimpa seorang muslim melainkan Allah hapuskan dosanya, sampai duri yang menusuknya sekalipun. (HR. Muslim 5640, Bukhori 2572)

Dalam hadits tersebut dikhususkan bagi orang muslim, dan bukan untuk orang di luar Islam. Tentunya ini menjadi hal yang berharga bagi kaum muslimin untuk senantiasa mengharap ampunan dari Allah sekalipun dari musibah yang menimpanya, bahkan musibah itu hanya berupa tertusuk duri. Namun, sobat sekalian, kita terlalu banyak lalai, bahkan ketika diperingatkan oleh Allah melalui musibah yang ditimpakan kepada kita jarang ada yang sadar lalu ingat akan teguran tersebut. Setidaknya kita berdoa kepada Allah agar selalu diingatkan akan apa pun yang menimpa kita, sehingga ingat dan tidak lupa diri. Sesungguhnya ketika kita diingatkan Allah, itu artinya Allah memperhatikan kita dan ingin adanya kebaikan pada diri kita, maka hendaknya kita menyambut teguran atau peringatan itu dengan taubat kepada-Nya, insya Allah…

Wallahu a’lamu bi showab…


7 Responses to “memaknai kejadian setiap saat”


  1. April 6, 2009 at 1:41 am

    wah .. iya
    kita beryukur punya prlakuan special dr Allah ttg penghapusan dosa itu🙂

  2. April 7, 2009 at 8:34 am

    YYuuuuuPS,,,
    Salah satu penghargaan terbesarAllah adalah bagi mereak yang senaniasa merenung akan segala kejadian-kejadian yang dialaminya, karena pada keadaan tersebut lah, terdapat pelajaran bagi mereka yang berakal,:)

  3. April 8, 2009 at 2:48 am

    selamat pagi bang
    suatu postingan yg kagak bakalan bisa blue buat ini mah.
    banyuak nilai ibadah yang kuat untuk diri kita semua.
    dan kita semua memang haruslah segera mendekat pada Tuhan kita
    salam hangat selalu

  4. April 8, 2009 at 9:48 am

    yap benar sekali. Setiap kejadian dan musibah itu kaya makna, Pelajaran dan manfaat. Jangan lupa di pijat ya…. cek up

  5. April 8, 2009 at 6:00 pm

    semua pasti punya maksud

  6. April 11, 2009 at 10:41 pm

    Ada makna dari setiap kejadian yang timbul…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

%d bloggers like this: