07
Jun
09

pengembangan katalis konverter untuk mengatasi emisi berbahaya asap kendaraan bermotor

asap mobilPencemaran udara yang terjadi di kota-kota besar telah menyebabkan menurunnya kualitas udara sehingga mengganggu kenyamanan bahkan telah menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan. Menurunnya kualitas udara tersebut terutama disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil untuk sarana transportasi dan industri yang umumnya terpusat di kota-kota besar. Proses pembakaran bahan bakar fosil tersebut sepenuhnya tidak sempurna, sehingga gas hasil buangannya mengandung gas-gas yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Selain itu efek rumah kaca juga menjadi sebab utama atas meningkatnya pencemaran udara, sehingga memicu terjadinya global warming, yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi akibat adanya pencemaran di berbagai lingkungan, salah satunya pencemaran udara yang disebabkan oleh meningkatnya produksi polusi udara dari hasil pembakaran bahan bakar fosil. Untuk mencegah terjadinya pencemaran udara tersebut perlu dilakukan usaha untuk mengendalikan pencemaran, yaitu dengan mengurangi konsentrasi dari zat-zat berbahaya yang dilepaskan ke lingkungan. Cara yang dilakukan dapat berupa usaha mengkonversikan gas-gas berbahaya tersebut menjadi gas yang ramah lingkungan.

Saat ini sudah banyak dikembangkan berbagai macam teknologi yang ditujukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat berbagai aktivitas mesin-mesin kendaraan dan industri. Salah satu penelitian yang dikembangkan adalah mengenai catalytic converter. Catalytic converter merupakan pengembangan dari jenis katalis padatan yang digunakan untuk membantu proses konversi, reduksi dan oksidasi zat-zat berbahaya hasil pembakaran bahan bakar dari mesin kendaraan bermotor dan industri. Pada dasarnya mesin-mesin kendaraan yang ada sudah didesain untuk dapat melakukan pembakaran dengan sempuran terhadap bahan bakar mesin, sehingga zat-zat hasil pembakaran adalah berupa gas H2O, CO2 dan NO2 yang ramah liengkungan. Namun keadaan yang terjadi di lapangan, pembakaran yang terjadi pada mesin kendaraan dan industri selalu tidak sempurna, sehingga zat-zat yang dihasilkan berupa gas-gas beracun yang berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup, yaitu gas CO, NOx, HC. Gas CO jika terhirup dan masuk ke dalam saluran pernapasan selanjutnya akan berikatan dengan Haemoglobin (Hb), sehingga mengganggu transport oksigen. Gas NOx selain berakibat langsung pada kerusakan tanaman dan meracuni manusia, hasil akhir pencemarannya adalah asam nitrat (HNO3) yang terintersepsi ke dalam lingkungan dalam bentuk garam-garam nitrat dalam air hujan, sehingga terjadilah huja asam. Hujan asam menyebabkan tumbuh-tumbuhan rusak dan mati. Adapun senyawa HC bersifat karsinogenik jika masuk ke dalam jaringan makhluk hidup, dengan oksida nitrogen, HC akan bereaksi secara foto oksidasi membentuk smog.

Selanjutnya dengan adanya katalis konverter adalah untuk mengatasi pencemaran zat-zat berahaya tersebut dengan proses konversi, yaitu mereduksi dan mengoksidasi. Katalis akan mengoksidasi gas CO dan HC menjadi CO2 dan H2O, mereduksi gas NOx  menjadi N2, O2 dan NO2 dengan bantuan sebuah pengemban (media/support) dari bahan alam yang ada di Indonesia, seperti batuan alam Zeolit yang memiliki ketahan termal yang tinggi sehingga tahan pada proses bersuhu tinggi. Logam yang bertindak sebagai katalis sendiri diantaranya adalah Cu (tembaga), Mg (Magnesium), Fe (besi), Mn (Mangan), Pt (Platina), dan lainnya. Selain dibantu dengan adanya pengemban (support), katalis konverter juga terdiri senyawa pereduksi (reduction agent) yang akan bereaksi dengan gas CO, HC dan NOx, sehingga dihasilkan gas-gas yang ramah lingkungan (H2O, CO, NO2). Reduction agent tersebut bisa berupa senyawa NH3, CH4 atau senyawa hidro karbon lainnya. Secara teknis katalis konverter akan di letakkan pada saluran pembuangan gas hasil pembakaran pada kendaraan bermotor, yaitu pada bagian knalpot. Pada knalpot tersebut gas-gas hasil pembakaran sebelum keluar ke lingkungan, akan melewati katalis konverter, sehingga terjadi reaksi oksidasi CO dan HC menjadi CO2 dan H2O, mereduksi NOx menjadi NO2. Dengan demikian gas berbahaya hasil pembakaran tak sempurna mesin kendaraan bermotor dapat diminimalisir, sehingga komposisinya di udara menjadi lebih sedikit. Hal ini tentunya akan mengurangi jumlah polutan di udara dan menjadikan lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat tidak berpolusi.


40 Responses to “pengembangan katalis konverter untuk mengatasi emisi berbahaya asap kendaraan bermotor”


  1. June 8, 2009 at 4:57 am

    wah keren mas…^_^

  2. June 8, 2009 at 5:13 pm

    nice info gan! udah sering sih ngeliat pengetahuan tentang catalytic converter… tapi baru di sini ngertinya. haha

  3. June 12, 2009 at 8:25 am

    wadau…….kalau blue tepat dibelakang mobil itu mungkin blue semakin hancur aza ya maz tampangnya heheeh……………bahaya banget tuh tuk kesehatan asap asap itu
    salam hangat selalu

  4. June 13, 2009 at 12:36 pm

    secanggih apapun teknologi yang diterapkan, dan segimanapun peraturan yang di terapkan, kalo kesadaran dari manusianya nggak ada, jangan pernah mengharapkan lingkungan yang baik…
    semua kembali kepada manusia, karena sumber pencemaran yang paling utama adalah dari manusia.

    kalo manusia menyadari umur dari kendaraan, perawatan dari kendaraan, kondisi bla bla bla…hal tersebut sangatlah jarang untuk kita temui!!!

    mari kita sama2 meningkatkan akan kesadaran akan terciptanya lingkungan yang bersih, bebas dari polutan dan pencemaran apapun!!!

  5. June 13, 2009 at 4:21 pm

    polusi…!!!! 😦

    Apa kabar???
    sekedar informasi,,, mau ngenalin blog barunya accan. kunjungi yah..

    Accan

  6. 8 Shofiyah
    June 16, 2009 at 11:51 am

    Stop gombal warning eh eh salah stop global warming!!
    Ingat uang kaga’ bisa di makan lhow..!
    Aduh maap jd triak dsni deh.,

  7. 9 @bu kholil habibi
    June 22, 2009 at 7:17 am

    Assalamu’alaykum

    Mas..boleh minta bahan bacaan lain tentang katalitik konverter ini?

    saya rencana mau melakukan penelitian tentang hal tersebut.. terima kasih

    kalo ada mohon dikirim via email habibislfy@yahoo.com

    JazakaLlohu khoir

  8. June 23, 2009 at 1:19 am

    mana nih artikel yang barunya?

  9. June 25, 2009 at 3:24 am

    sekarang yang paling penting aparat penegak hukumnya mas… kalau memang kendaraan nggak laik jalan jangan di kasih ijin trayek donk… biar pengusaha transportasi mikir juga gimana memperbarui armadanya

    salam hangat

  10. 12 eru
    June 26, 2009 at 11:35 pm

    makasih mas infonya😀
    sayang ujian kimianya udah lewat.. haha

    btw ada blog baru: http://ngebloglagi.wordpress.com, kunjungi ya😉
    thx.

  11. June 30, 2009 at 12:33 pm

    selamat malam bang
    pa cabar?
    semangat dan cintai bloger ok
    salam hangat selalu

  12. July 1, 2009 at 5:15 pm

    klo asap selain dari kendaraan bermotor, seperti asap pabrik, solusinya gimana ya?😀

  13. July 4, 2009 at 10:10 am

    Selain mengurangi emisi, apa bisa juga mengurangi tingkat kebisingan suara mesin?😀

    Kalo ada asik tuh… Bisa ngebut tapi ga ribut…:mrgreen:

  14. July 14, 2009 at 6:56 am

    hmm, dunia semakin semrawut aja ya..
    semoga selalu efektif buat hal-hal yang mengurangi polusi itu..
    salam kenal yah..

  15. 17 Rychan
    July 15, 2009 at 9:39 am

    mampir sejenak……🙂

  16. July 17, 2009 at 12:51 pm

    ayo semangat semangat bang…miss u
    salam hangat selalu

    pa cabare

  17. July 27, 2009 at 1:20 pm

    wah… sipp dah.. kurangi emisi karboon.. stop gloming.. ^^v

  18. 20 manusia
    August 15, 2009 at 2:44 am

    Beberapa mobil baru jaman sekarang yg rada2 mahalan udah ada yg pake catalytic converter dari pabriknya.

  19. August 16, 2009 at 1:54 am

    Mantap nih, sudah saat emisi berbahaya dari kendaraan motor diminimalisir

  20. August 16, 2009 at 1:55 am

    Wah,…. muantap tenan…😀

  21. September 20, 2009 at 2:39 am

    Selamat Hari Raya Idul-Fitri, Mohon Maaf lahir Batin

  22. September 20, 2009 at 2:03 pm

    Bersilaturahmi kepada semua teman-teman

    Minal Aidin Wal Faizin Mohon maaf lahir bathin

  23. 25 ayu
    October 9, 2009 at 6:17 am

    napa ozon cuma nyerap sinar UV C aja ya??

  24. 26 Alifiansyah
    November 20, 2009 at 5:15 pm

    wa,,bgus tuch!!
    ada yang menangani tentang bahaya polusi,
    saya setuju bngt.

    tapi saya juga mo ty??
    ada gak memodifikasi kendaraan agar tenaganya bertambah, tetapi bahan bakarnya gak terlal boros?

    • November 15, 2010 at 2:31 pm

      kalo modifikasi mesin aku ga tau, itu yg tau anak2 teknik mesin. Mungkin justru yg dimodifikasi itu adalah bahan bakarnya, yaitu dengan memanfaatkan energi alternatif yg hemat dalam penggunaannya…

  25. May 27, 2010 at 9:19 am

    fachriansah.wordpress.com’s done it again! Incredible read!

  26. May 31, 2010 at 1:33 pm

    fachriansah.wordpress.com’s done it once again! Amazing post.

  27. November 15, 2010 at 7:45 am

    wah,keren tapi gak ada picnya.

    • November 15, 2010 at 9:33 am

      iya, saat itu masih dalam tahap penelitian skala laboratorium. Tapi saat ini salah satu perusahaan otomotif yg sudah menerapkannya adalah Kawasaki, sepeda motornya Ninja RR sudah dilengkapi dengan katalis converter tersebut..
      Terimakasih atas kunjungannya..

  28. December 23, 2010 at 11:48 pm

    wh mas makanya saya merindukan hidup di kampung biar polusinya g gitu gede banget..bisa bahaya ke tubuh tuh ^^

  29. 34 lia
    September 17, 2011 at 11:19 pm

    maaf mas mau nanya, klo bentuk dari katalis yg diteliti seperti apa?soalnya saya sedang membuat katalis Au bentuknya butiran ato sering disebut island. tolong dijawab y mas, Saya ingin tau agar pengetahuan saya tentang katalis bertambah banyak. mungkin kalo mas tau juga, berapa banyak macam bentuk dari katalis yag ada saat ini?trimakasih….

  30. 35 lia
    September 17, 2011 at 11:22 pm

    eh mas, maaf. tolong krim jawaban k email sy aja y mas…..makasih banyak bgt….

  31. 36 finsen
    February 14, 2012 at 1:06 am

    katalis yang di peruntukkan mesin disel apa sudah ada tolong saya di kasih tau bentuk dan bahanya trimakasih

  32. August 23, 2014 at 4:25 am

    terimakasih atas infonya semoga indonesia makin maju🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

%d bloggers like this: