09
Dec
10

“Tong Sam Chong” bukan “Tong Sam Pah”

Niat hati ingin bekam kepala seperti yg pernah kulakukan beberapa tahun yang lalu. Segala persiapan dah kulakukan, termasuk memangkas botak seluruh rambut yg ada di kepalaku. Sebelumnya memang aku janjian ma tukang bekam-nya, dan memang dia bilang sebaiknya rambutku dipangkas botak dulu sebelum ketemu beliau. Akhirnya, aku pergi ke pangkas rambut banci pria dan membiarkan rambut iklan shampo ku dipangkas habis. Pas aku bilang ke tukang cukurnya, “Mas, botak mas”, si tukang cukur nampaknya agak tersenyum memancarkan kelegaan hati karna kliennya yg satu ini tidak akan membuatnya sibuk dan terlalu lama mengurusi model rambut tertentu.

Kurang dari 15 menit semua selesai dan licin. Aku cuma tersenyum agak lebar di depan cermin tempat pangkas rambut itu melihat diriku yg sedikit lebih tampan berbeda dari sebelumnya. Lalu, dengan pede-nya aku keluar [tak lupa membayar] dan menuju Jalan Malioboro ke rumah sang tukang bekam.

Cukup lama aku tunggu beliau di depan rumahnya. Kata Ibu penjual nasi depan rumahnya beliau baru saja keluar bersama anak pertamanya. Kata penjual nasi itu, “mungkin lagi ke minimarket mas, ditunggu saja dulu, silahkan duduk mas”, Ibu penjual nasi itu sembari mempersilahkan aku duduk disalah satu bangku warungnya. Aku pun tak  sia-siakan waktu, langsung aku ambil hape dan mengirimkan pesan memberitau bahwa aku dah sampe di rumahnya [si tukang bekam].

Mas Yoebal [nama si tukang bekam] akhirnya datang, dan aku langsung masuk ke rumahnya. Tak langsung dibekam, tapi beliau menganalisa [baca : mendiagnosis] tentang keluhan [baca : alasan] kenapa aku mau dibekam. Alhasil, semua indikasi ternyata tidak mengarah pada pengobatan yg mengharuskan membekam kepala. Gubrak. Aku dah pangkas botak, eh akhirnya ga jadi dibekam di kepala. Titik ketemu titik, aku pun di bekam punggung saja, karna kata beliau disitulah sumber segala macam penyakit yg pernah diberitahu Nabi dulu.

Lega walau agak perih, banyak hal yg aku tau tentang penyakit dan cara penanggulangannya. Namun, ada satu beban, aku malamnya harus tetap bertemu teman-teman di tempat kursus dan pahitnya mereka akan meledek kepala botakku. Usut ketemu usut [apaan seh..?], bener kan, salah satu temanku yg memiliki  postur tubuh beda dari yg lainnya spontan langsung memanggilku “Tong Sam Chong”. Di benak dia orang yg paling pas untuk disamakan dengan postur kepalaku saat itu adalah salah satu aktor dalam film kesukaan dia, Tong Sam Chong. Duh, aku harus menerima takdir ini -.- [untung aja aku ga dipanggil Tong Sam Pah]

Tapi pikir-pikir, aku sesaat membayangkan bentuk Tong Sam Chong dalam film kera itu ternyata oke juga, tak apalah aku dipanggil seperti itu. Susahnya, dia orang yg cukup berpengaruh di tempat kursusku, jadi teman-teman yg laen terpengaruh virus jahat usil-nya. Aku khawtir aja, takutnya ada teman lain yg lebih usil dan sok-sok inisiatif merubah “Tong Sam Chong” jadi “Tong Sam Pah”, duh bisa jatuh hati reputasi ku. Sampai saat ini pun, saat rambutku dah tumbuh dan meraih kembali ketampanan bentuk aslinya dia masih juga panggil aku dg sebutan itu. Hm, pikirku aku harus panjangin rambut sampe sebahu biar nanti aku dipanggil Tow Ming Se, wkakwkakaka.. lumayan-lumayan.


61 Responses to ““Tong Sam Chong” bukan “Tong Sam Pah””


  1. December 9, 2010 at 3:39 am

    Wah……,abis dibekam kayak gitu rasanya gimana mas ya??? aku kok seumur-umur malah belum pernah dibekam. 😦

  2. 10 indah kruwel
    December 9, 2010 at 5:52 am

    hahahhaa…lol
    ur hair also inspires me (& he) to make a mantra “kosong adalah gundul, gundul adalah fachri, fahri adalah al, al sama dengan kiky,…”
    tp kyakna itu ga lengkap deh, dah lupa2..
    but i like ur sense of humor..at first i thought that u r kind of “serious” person..
    keep on writing funny stories!

    • December 9, 2010 at 8:08 am

      Yeah, sometimes we need to be humorist and try to adapt with any kinds of people, like me, hahahah. Many people consider me as a serious person, but that’s not me for all. I have another part of prsonality and I like it.
      Ok, thanks for visiting. Keep reading my blog yaa..

  3. December 9, 2010 at 8:10 pm

    Ikut-ikutan ah… Kakak Tom Sam Chong, keren deh kepalanya…😀
    hahahahaha…

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  4. December 9, 2010 at 8:57 pm

    eh… emang ada juga bekam di kepala ya? *ngeri ngebayanginnya*

    • December 10, 2010 at 12:14 am

      Ada bang Ichanx, aku dah pernah dulu 1x malah enteng bgt rasanya di kepala, tapi ya itu botaknya jadi cukup lama karna kepala harus dipangkas mpe licin biar bisa dibekam…

  5. December 10, 2010 at 4:15 am

    tapi ganteng kok bang😉
    salam kenal hihihi

  6. December 10, 2010 at 6:08 am

    wkwkwk….pengalamannya bikin ketawa nih..lain kali janjian dulu ma yg bekam hehe…lam kenal, silahkan berkunjung ke site saya : http://www.4n4belajar.wordpress.com

    • December 11, 2010 at 11:42 pm

      Kemarin seh dah janjian, tp ya emang disuru botak dulu, eh malah ga jadi hehehe..
      Salam kenal kembali, thanks atas kunjungannya..Insya Allah aku berkunjung ke site Ana..

  7. December 11, 2010 at 1:26 am

    bener, terlalu usil malah jadi gak menyamankan deh 😀

  8. December 11, 2010 at 4:34 am

    wah, aku juga pengenneh..

    kapan-kpaan takbilang ke temenku yang bisa ah

  9. December 11, 2010 at 1:15 pm

    temennya mas kalau baca tulisan ini terus jadi terinspirasi manggil “Tong Sam Pah” gimana? hehe😆

  10. December 12, 2010 at 6:52 am

    Hihi, lucu ya ceritanya🙂

  11. December 12, 2010 at 1:31 pm

    wah, sakit kalau ada yang bilang tong sam pah… hehehehehehe, pelecehan besar2an tuh… hehehehehe

    lucu2 mas

  12. December 13, 2010 at 2:01 pm

    kalau Tong Sam Pah di sini banyak. jadi pengen ikutan dibekam. Dulu waktu saya kecil sering dengar. Tapi sekarang keknya ahlinya sudah pada punah…

    • December 13, 2010 at 2:16 pm

      Iya, jangan deh dipanggil tong sam pah, heheh. Kalo masalah bekam, justru jaman sekarang para ahli bekam semakin banyak. Emang di tempat mas tinggal masih sepi ya..?
      Btw thanks atas kunjungan baliknya..

  13. December 13, 2010 at 4:19 pm

    wah dulu saya abis di bekam gtu rasanya kedinginan terus
    jadi pengen lagi

  14. December 13, 2010 at 5:59 pm

    kayaknya modelnya lagi ngetrend, agar kelihatan lebih klimis dan necis… 🙂

  15. December 13, 2010 at 9:19 pm

    yang sabar ya oom.. menurut aku lebih mirip sama Rio Febrian, iya yang tukang nyanyi ituhh..

  16. December 14, 2010 at 9:52 am

    Ada efek sampingnya gak sih klo di bekam tuh..

    • December 14, 2010 at 2:24 pm

      Insya Allah ga ada, tp memang ada beberapa syarat yg harus dipenuhi sebelum berbekam seperti tekanan darah yg tidak boleh rendah. Kalo semua syarat terpenuhi, pasien Insya Allah akan baik-baik saja🙂

  17. December 14, 2010 at 2:20 pm

    seumur-umur aku blum pernah dibekam mas.. ga tau rasanya gimana..

  18. December 14, 2010 at 3:03 pm

    Saya juga pernah dibekam dipunggung sama dibetis, memang enak kalau habis dibekam. Badan rasanya enteng gitu.
    Salam.. .

  19. December 14, 2010 at 5:35 pm

    ini sun gokong bukan sun golok.. :p

  20. December 15, 2010 at 3:37 am

    hehehe, dari tong sam chong, tong sam pah ampe tow ming tse, lucu2…🙂
    kalaupun jadi bekam di kepala nggak harus dibotakin semua. hanya sedikit saja di bagian atas agar tidak ada yang menghalangi alat (corong) bekamnya.

    salam kenal,
    bangauputih ^_^

  21. December 15, 2010 at 4:53 am

    hehe pengen coba jadinya di bekam. enak kayaknya😀

  22. December 18, 2010 at 6:03 am

    ehehehe saya belom pernah dibotakin mas gak pede😀

  23. December 20, 2010 at 1:51 am

    Mestinya memang di diagnosa dulu, baru gundul,
    Tapi tak apa, jadi rambut baru kan?!

  24. December 25, 2010 at 2:29 am

    lutunya,, :lol;

    Gak kebayang deh kalo aq di botakin!!!
    rasanya gimana ya??😀

  25. 61 Animusparagnos
    January 4, 2011 at 2:43 pm

    Ah, botak itu sexy lagi…..
    Yup, nih uniek. Si angga eh, namaku jangan dipampang lah, biar anonim gitu, nanti ga seru lagi. Di edit plis ya sob. (^_^)


Leave a Reply

Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

