13
Jan
16

resolusi ditahun ini

Telat bgt ya baru ngomongin masalah resolusi? Namanya juga manusia, suka lupa kan wajar *bela diri*. Bukan gitu juga si, tapi memang sejak beberapa tahun terakhir, ketika tahun baru tiba saya mencoba untuk tidak menganggapnya istimewa dan berusaha menjadikan momennya seperti hari-hari lainnya. Ada apa? Karena memang tekad, niatan, kemauan, semangat yang katanya ada di dalam hati itu harus selalu ada dan tidak terikat oleh ruang dan waktu *haissh*, tidak terikat oleh momen hari atau perayaan tertentu. Ketika tahun sudah berganti, itu sama saja seperti kita menjalani pergantian hari, hanya saja jumlah hitungannya lebih besar yaitu dalam hitungan tahun, per 360 hari. Justru akan telat jika kita baru menyadari akan resolusi atau introspeksi diri ketika harus menunggu 360 hari. Menyiapkan resolusi dan instrospeksi setiap hari itu saya rasa lebih baik, karena itu menandakan kita peduli pada diri kita, apa yg kita kerjakan, kesalahana apa yang kita buat, apa yang belum terlakasana pada hari tersebut dsb., misalnya dilakukan sesaat sebelum tidur. Tapi bukan berarti yang menyiapkan resolusi tiap tahun itu tidak lebih baik lho ya, ini cm pendapat saya saja, hasil baca-baca dan renungan juga😀.

Jadi apa resolusi saya tahun ini? *lho* Yaaa tepatnya resolusi saat ini… Manusia itu tempatnya lemah dan bersalah kan ya. Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak taubatnya, begitu sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam. Hidayah yang Alloh berikan itu semata atas kehendak-Nya, tidak ada yang tau siapa yang Alloh kehendaki untuk mendapat hidayah, dan dengan cara seperti apa Alloh memberikan hidayah itu pada seseorang. Sebaliknya, Alloh berkehendak menyesatkan seseorang dengan cara membutakan hati seseorang juga semata atas kehendak-Nya . Tidak ada satupun yang dapat menghalangi hidayah Alloh, dan sebaliknya tidak ada satupun yang mampu menghindar dari kesesatan yang Alloh berikan. Ngeri ya kalo saja kita tau bahwa Alloh menyesatkan hati kita, kita melakukan segala sesuatu tanpa mikir salah atau benarnya, tanpa rasa khawatir akan dosa dan hukuman Alloh. Rasanya pengen nangis kalo mengingat semua keburukan dan kelemahan diri.

Itulah bedanya manusia yang punya iman (walapun sedikit), dibanding dengan yang benar-benar Alloh sesatkan hatinya. Orang yang punya iman mereka akan mempunyai niat bertaubat ketika melakukan kesalahan dan menyesalinya. Tapi yang Alloh sesatkan hatinya, mereka sedikitpun tidak ada rasa bersalah dan tidak ingin bertaubat ketika melakukan kesalahan.

Jadi memang nikmat yang paling besar itu adalah nikmat iman. Tidak ada yang mampu menandingi dari besarnya nikmat iman ini. Di tahun 2016 ini, tahun lalu, hari ini, hari kemarin, hari kedepannya kita berharap agar Alloh tidak mencabut nikmat iman ini dari dalam hati kita. Agar kita selamat dimasa kehidupan yang abadi nanti. Jangan kita jadi orang yang seperti Nabi ceritakan bahwa manusia yang semasa hidupnya jauh dari Alloh, dalam kuburnya ia memohon untuk dihidupkan kembali ke dunia untuk beribadah sebaik mungkin karena ia menyesali keadaannya semasa ia hidup dulu. *duh jadi ceramah gini*. Tapi bener lho ini.

Ayo kita beresolusi tiap hari dan tiap saat, mengoreksi kualitas iman kita dan berharap agar Alloh tidak menyabut nikmat iman dari dalam hati kita. Hidup 2016…!!!😀


7 Responses to “resolusi ditahun ini”


  1. January 14, 2016 at 3:36 am

    Ayo mas, emang lebih bagus setiap hari, kalo setiap awal tahun pasti cuma semangat di awal aja kedepannya udah lupa lagi😀

  2. January 15, 2016 at 3:00 am

    Seharusnya emang tiap hari sich mas. Tapi apa daya malasnya nga ketulungan, jadinya kita sich review per minggu atau perbulan dirapel.

  3. January 15, 2016 at 5:32 am

    diusahakan tiap hari ya yuk😀

  4. January 25, 2016 at 12:00 am

    Halo Ga, akhirnya bw lagi dan mampir perdana di blog kamu. Aku sih udah ga buat resolusi lagi tiap tahun baru, habis yg ada sering ga kejadian. Jadi sekarang sih tiap masuk tahun baru aku coba utk memperbaiki yg kurang aja di tahun sebelumnya. Have a nice day!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Ami and the Night

A suspension of my life story and information. Shake it before use.

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!

%d bloggers like this: