13
Dec
17

Walaupun semangat itu kian menurun

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semangat manusia itu naik turun, kadang tinggi kadang rendah. Saya sendiri pun sama halnya dengan manusia lainnya yang memiliki semangat naik turun, salah satunya semangat ngeblog ini. Sudah hampir dua tahun saya hiatus dari ngeblog, sejak tulisan terakhir saya pada Januari 2016, ternyata sudah lama sekali. Tapi jujur dalam hati masih tersimpan, walaupun sangat kecil, keinginan untuk tetap ngeblog. Konsisten itu butuh perjuangan, apapun bentuk aktivitasnya. Bagi kebanyakan orang, ngeblog itu membosankan dan bahkan ada yang bilang buang-buang waktu. Tapi bagi saya, ngeblog itu luar biasa manfaatnya.

Saya tidak akan mengulangi pertanyaan bagaimana cara konsisten ngeblog lagi. Dulu memang pernah saya bertanya seperti itu. Sekarang harus take action, berjuang memupuk semangat itu agar tumbuh tinggi besar. Harus sering-sering ingat kalo ngeblog itu mempunyai jutaan manfaat, rugi kalau tidak dilakukan, apalagi bagi orang seperti saya yang sudah pernah aktif ngeblog, akan rugi sekali rasanya kalo itu benar-benar hilang. Bagaimana tidak rugi, karena ngeblog itu kita melakukan dua aksi sekaligus, berbagi manfaat (dari tulisan kita) dan mendapat manfaat (dari membaca tulisan orang lain). Kalo kita bisa rutin melakukan dua aksi itu, bayangkan saja ada berapa manfaat yang kita dapat dan kita bagikan kepada orang lain. Semoga ini adalah yang terkahir kalinya saya mengeluhkan semangat ini. Karena waktu untuk ngeblog itu selalu ada, jadi saya pun tidak mau menjadikan kesibukan sebagai alasan.

Advertisements

15 Responses to “Walaupun semangat itu kian menurun”


  1. December 13, 2017 at 4:07 am

    Saya juga pernah sempat hiatus ngeblog, tapi kemudian balik lagi ngeblog. Saya rasa kalau sudah terbiasa menulis, kita menganggap menulis sebagai kebutuhan ya – jadi kalau ga nulis kayak ada yang kurang. Ayo mas semangat lagi ngeblognya!

  2. December 14, 2017 at 1:54 am

    Salam kenal dan salam semangat. Saya juga pernah hiatus nge-blog, mulai lagi baru setahun belakangan. Semoga tetap konsisten karena ingin berbagi manfaat

  3. December 16, 2017 at 2:22 am

    Aku pun merasakan hal yang sama mas πŸ˜‰ semangat naik turun. Niatnya seminggu sekali ngeblog, eh kadang meleset jadi 2 minggu sekali atau sebulan 1 postingan udah bagus banget rasanya.

  4. December 16, 2017 at 10:43 am

    sama kak, aku pernah ngerasa males banget ngeblog dan hiatus beberapa bulan. semangaat buat konsisten ngeblog yaa:))

  5. December 17, 2017 at 7:43 am

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Fahrian….

    Selamat kembali menulis dan berusahalah menulis walaupun ringkas seperti di atas. Tentu sahaja apa yang kita tulis diharap dapat dimanfaat dan bermanfaat. Insya Allah akan mendapat ganjaran di sisi Allah sesuai dengan manfaatnya kepada pembaca. Mudahan terus bersemangat.

    Salam sukses dari Sarikei, Sarawak

  6. December 24, 2017 at 2:00 am

    Betul banget.
    Mood seseorang bisa naik turun.
    Tapi tetap semangat ….

  7. May 12, 2018 at 9:48 am

    Saya tidak akan mengulangi pertanyaan bagaimana cara konsisten ngeblog lagi. Dulu memang pernah saya bertanya seperti itu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


Follow [moriku mantika] on WordPress.com

Kelender

December 2017
S M T W T F S
« Jan    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 33,960 hits

online

Visitors Map

Blogs I Follow

Stop Bugil
Advertisements

baiqrosmala.com

A Lifestyle Blog

Guratan Kaki

Travel Blog

Ceri(a)ta

Daily Life, Recipe, and Every lil' thing that I Love

%d bloggers like this: