Archive for the 'moriku|mantika' Category

13
Jan
16

resolusi ditahun ini

Telat bgt ya baru ngomongin masalah resolusi? Namanya juga manusia, suka lupa kan wajar *bela diri*. Bukan gitu juga si, tapi memang sejak beberapa tahun terakhir, ketika tahun baru tiba saya mencoba untuk tidak menganggapnya istimewa dan berusaha menjadikan momennya seperti hari-hari lainnya. Ada apa? Karena memang tekad, niatan, kemauan, semangat yang katanya ada di dalam hati itu harus selalu ada dan tidak terikat oleh ruang dan waktu *haissh*, tidak terikat oleh momen hari atau perayaan tertentu. Ketika tahun sudah berganti, itu sama saja seperti kita menjalani pergantian hari, hanya saja jumlah hitungannya lebih besar yaitu dalam hitungan tahun, per 360 hari. Justru akan telat jika kita baru menyadari akan resolusi atau introspeksi diri ketika harus menunggu 360 hari. Menyiapkan resolusi dan instrospeksi setiap hari itu saya rasa lebih baik, karena itu menandakan kita peduli pada diri kita, apa yg kita kerjakan, kesalahana apa yang kita buat, apa yang belum terlakasana pada hari tersebut dsb., misalnya dilakukan sesaat sebelum tidur. Tapi bukan berarti yang menyiapkan resolusi tiap tahun itu tidak lebih baik lho ya, ini cm pendapat saya saja, hasil baca-baca dan renungan juga :D.

Jadi apa resolusi saya tahun ini? *lho* Yaaa tepatnya resolusi saat ini… Manusia itu tempatnya lemah dan bersalah kan ya. Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak taubatnya, begitu sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam. Hidayah yang Alloh berikan itu semata atas kehendak-Nya, tidak ada yang tau siapa yang Alloh kehendaki untuk mendapat hidayah, dan dengan cara seperti apa Alloh memberikan hidayah itu pada seseorang. Sebaliknya, Alloh berkehendak menyesatkan seseorang dengan cara membutakan hati seseorang juga semata atas kehendak-Nya . Tidak ada satupun yang dapat menghalangi hidayah Alloh, dan sebaliknya tidak ada satupun yang mampu menghindar dari kesesatan yang Alloh berikan. Ngeri ya kalo saja kita tau bahwa Alloh menyesatkan hati kita, kita melakukan segala sesuatu tanpa mikir salah atau benarnya, tanpa rasa khawatir akan dosa dan hukuman Alloh. Rasanya pengen nangis kalo mengingat semua keburukan dan kelemahan diri. Continue reading ‘resolusi ditahun ini’

Advertisements
03
Dec
15

Banyak yang sudah terjadi

Berkali-kali hiatus dari dunia blogging, masih saja terasa berat untuk memulainya lagi. Itulah fenomena, hampir semua orang akan merasakan hal yang sama, sesuatu yang pernah biasa ia lakukan jika ditinggal lama akan terasa berat memulainya lagi.

Seperti apa yang terjadi pada diri saya, sampai sejauh ini, sejak postingan terakhir bulan Maret 2014 lalu, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam hidup saya. Mulai dari lulus kuliah, balik ke kampung halaman, lingkungan baru, tempat kerja baru, orang-orang dan teman baru, semuanya belum satupun yang saya ceritakan dalam blog yang sudah lama saya kelola ini. Entah sekarang dimana rimbanya teman-teman blogger satu perjuangan yang pertama kenal awal maniak blog. Semoga saja mereka selalu dalam lindungan Alloh, semakin sukses dan senantiasa dalam kebaikan. Aamiin. Continue reading ‘Banyak yang sudah terjadi’

29
Mar
14

Pakai “saya” atau “aku”

Sobat blogger sekalian, saya masih suka bingung neh kalo nulis diblog kesayangan ini. Kata yang saya gunakan untuk menunjuk diri saya sebagai si pemilik blog ini dengan menggunakan kata “saya” atau “aku”. Masih semacam tidak konsisten. Kadang ada rasa ingin kelihatan akrab terus saya pakainya kata “aku”. Dilain waktu pengen terasa lebih ramah dan santun dengan menggunakan kata “saya”. Untuk postingan kali ini saja, saya memilih kata “saya’ untuk menunjuk diri.

Kalo melihat gaya menulis teman-teman blogger, semuanya bervariasi, masing-masing ada gaya penulisannya, ada style nya sendiri-sendiri. Ada yang pakai kaya “aku, saya, gue, ane” . Tapi semoga saja ini kebingungan yang terkahir kalinya. InsyaAllah akan istiqomah dengan kata “saya” di postingan-postingan berikutnya.

24
Mar
14

Gara-gara jarang ke sekolah

Ternyata kegiatan baru disekolah sebagai Guru Pengampu mata pelajaran Science di SMA International Budi Mulia Dua banyak memberikan cerita baru dalam hidupku. Aku yang sekarang jadi suka gesit (padahal sebelumnya tidak) karna kegiatan jadi mendadak padat lantaran aku sambi dengan mengajar bahasa Inggris disalah satu lembaga kursus ternama, plus menjadi pembina asrama bahasa Inggris di Jogja. Fiuh… Akhirnya, jadilah aku sering buru-buru kalo mngerjakan sesuatu, selalu dalam keadaan dikejar-kejar. Bukan mengeluh, hanya bercerita mencoba membiasakan dengan kegiatan baru.

Salah satu ceritanya, pagi ini disekolah, aku datang buru-buru untuk mengampu mapel Science kelas III. Sejak dua minggu yang lalu aku sudah dikabari oleh pihak sekolah tentang jadwal kelas science hari ini. Maklum belum jadi guru tetap, jadi ke sekolah kalo pas ada jadwal mengajar saja. Dua minggu lalu itu adalah jadwal ujian sekolah. Semua anak kelas III mengikuti ujian sekolah. Otomatis aku gak ke sekolah karena kegiatan KBM diliburkan. Baru hari ini dikabarkan kalo KBM reguler mulai aktiv. Continue reading ‘Gara-gara jarang ke sekolah’

29
Sep
13

Entah bagaimana memulainya lagi

fachri2Sudah lama sekali, lama yang aku sendiri malas untuk menghitungnya. Iya sudah lama tidak ngeblog, padahal banyak sekali informasi dan tambahan pengetahuan yang didapat kalo rajin ngeblog. Sudah kali kesekiannya ini aku mengeluhkan hal yang sama, juga dengan alasan yang sama. Kataku si alasannya masalah waktu, waktu buat ngetik dan blogwalking. Padahal seharusnya itu bukan alasan. Soalnya kalo dirasa-rasa, waktunya si masih ada dan sempat.

Nah, ini kebetulan dapat job dari pak Bos tempat aku membabu bekerja sekarang untuk mengelola salah satu blog milik komunitas. Lumayan kembali sibuk blogwalking seminggu trakhir ini. Harapannya aku juga bisa kembali eksis di blog tercinta ini (hah lebay). Sembari mencoba blogwalking atas nama blogku ini, saya juga harus benar-benar menetapkan hati bahwa ngeblog ini manfaatnya besar. Sehingga aku bersemangat untuk terus ngeblog, berbagi ilmu, berbagi pengalaman.

Banyak baca itu asik, sumpah asik bgt, apalagi buat orang seperti aku yang kemajuannya masih tertunda. Membaca blog-blog yang berisi kisah inspiratif perjalanan hidup seseorang itu asli membuatku jadi bersemangat kembali. Nah kadang membacanya itu yang susah, kadang suka malas. Moga aja ini jadi salah satu turning point ku untuk maju. Sekarang yang aku perlu aku lakukan adalah memicu semangatku sendiri untuk terus membaca, mancari, berbagi agar menjadi maju, lebih maju dari sekarang. Continue reading ‘Entah bagaimana memulainya lagi’

01
Jan
13

2012 in review

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2012 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

600 people reached the top of Mt. Everest in 2012. This blog got about 3,900 views in 2012. If every person who reached the top of Mt. Everest viewed this blog, it would have taken 7 years to get that many views.

Click here to see the complete report.

Alhamdulillah, senang bangat rasanya dapat prestasi ini, walopun ga seberapa  dibanding blogger ternama yg sudah lebih berprestasi. Tapi aku bersyukur karena masih diberi kesempatan berkreasi dengan halaman maya ini untuk menuangkan semua curahan kehidupan yang sejuta makna. Hanya satu harapan saya, semoga di tahun 2013 ini, saya masih diberikan kekuatan dan ke-istiqomahan untuk merangkai tulisan di blog ini. Aku sadar, ditahun 2012 lalu, aku bisa dibilang gak produktif sama sekali. Entah kemana minat itu, seakan hilang ditelan bumi. Tapi niatan dalam hati ini masih ada. Semoga niatan itu akan lebih terealisasi ditahun 2013 ini, Amiin.

Mohon dukungan dari teman-teman blogger dan para pembaca semua. Diri ini masih perlu banyak koreksi masukan, dukungan positif serta motivasi..

09
Dec
12

Insya Allah, berusaha menulis lagi..

Assalamu’alaikum sobat bloger semua. Lamaaaaaaa sekali rasanya tidak memainkan jemari ini di atas deretan keyboard laptop ini untuk merangkai kata menghiasi blog ku buat ini. Sibuklah, singkat saja alasannya. Kalo bercerita panjang pun mungkin tak perlu. Tapi dalam hati ini mash sangat kuat keinginan untuk menulis, meramaikan blog ini, menyapa teman-teman bloger. Moga saja teman bloger tidak lupa denganku.

Menulis itu memang indah, otak dilatih untuk terus bekerja, berekspresi, bereksplorasi, berimajinasi. Tapi memang waktu kadang ga bisa kompromi. Kesibukan lain menjadi pertimbangan yg rumit untuk dibagikan dengan aktivitas asik yg satu ini. Moga saja tulisanku diawal Desember 2012 ini bisa menjadi pembuka kembali atas semangat dan niatku untuk menulis disini. Mohon doanya teman-teman bloger. Rajin mampir sini lagi ya..

 




Follow [moriku mantika] on WordPress.com

Kelender

November 2017
S M T W T F S
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 32,369 hits

online

Visitors Map

My Instagram

Bukit Batu Idung, Lombok Barat.
•••
#wonderfullombok #jelajahlombok #1_indonesia #nekattraveller #enakdisini #nusantarakita #indozonetravel #bukitbatuidung

Blogs I Follow

Stop Bugil

Istanaminda

It's never too late to learn and understand

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!