Archive for the 'perjalanan' Category

10
Jan
16

Lombok itu gak melulu pantai

DSC_2669Sekali-sekali dong travelling bukan karena urusan pekerjaan. Bagaimana pun, namanya bekerja walopun bisa sambil jalan-jalan tetap saja pikirannya tidak se-plong dibanding dengan pure jalan-jalan, tanpa bekerja. Karena ini memang agenda spesial jalan-jalan, pastinya gak ke pantai dulu. Secara Lombok itu lengkap bgt, wisatanya tidak melulu pantai. Pesona keindahan alam pegunungannya juga sangat menawan dengan udara yang segar bebas polusi, sejuk sekali. Terlepas dari Gunung Rinjani yang menjadi salah satu icon Pulau Lombok, keindahan bebukitan dan air terjunnya melengkapi pesona alam pegunungan di Pulau Lombok. Nah, akhirnya, kali ini Alhamdulillah berkesempatan maen ke beberapa  air terjun yang hits banget di Lombok. Bertempat di Lombok bagian utara yang memang terkenal dengan wisata pegunungannya, air terjun ini mempunyai pesona alam yang sangat natural. Mencapainya perlu sedikit tenaga lebih dibanding bermain ke pantai. Tapi jangan khawatir, akses jalannya sudah sangat memadai, sehingga dari Kota Mataram dapat ditempuh sekitar dua jam sampai ke lokasi parkiran, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ala-ala anak explorer mendaki gunung melewati lembah menuruni tangga dan menyebrang beberapa aliran sungai dan melintasi bebatuan hutan yang besar. Continue reading ‘Lombok itu gak melulu pantai’

05
Dec
15

Bekerja sambil jalan-jalan

Lumayan sibuk dan capek dengan proyek yang sekarang. Proyek Penerapan Teknologi Tepat Guna Pembudidayaan Rumput Laut Hasil Kultur Jaringan ini dijalankan selama tiga bulan, berawal dari Oktober hingga Desember 2015 ini. Lokasinya yang jauh membuat perjalanan lumayan menguras energi. Tapi itulah nafkah yang harus dicari, susah senangnya tetap harus dilalui berharap rezeki yang sudah Allah tetapkan akan turun melalui kegiatan ini.

Membantu masyarakat pesisir dengan penerapan teknologi tepat guna merupakan tujuan dari proyek ini. Tim memberikan contoh terlebih dahulu cara pengelolaannya dengan cara uji coba. Jika berhasil, artinya masyarakat bisa mengelolanya sendiri dengan benar, maka kegiatan ini akan diserahkan kepada masyarakat sepenuhnya.

Proyek ini dijalankan di bawah naungan Dinas Kalutan dan Perikanan Lombok Barat, NTB. Hal yang saya cintai dari kegiatan ini adalah aksinya yang nyata dan langsung untuk kesejahteraan masyarakat khususnya daerah pesisir yang pada umumnya tingkat ekonomi mereka cukup rendah. Continue reading ‘Bekerja sambil jalan-jalan’

04
Dec
15

Hobi baru yang terlupakan

Judul ini mungkin agak aneh, karena umumnya orang akan lupa pada sesuatu yang telah lama, tapi saya berada dalam keadaan yang berbeda, lupa terhadap sesuatu yang baru dimiliki. Iya, kebiasaan baru yang secara tidak sadar menjadi sebuah hobi.

Tidak lama sebelum kepulangan saya ke daerah asal, NTB, saya coba melirik akun instagram yang sudah lama saya buat, tapi sudah lama juga tidak di update, alias nganggur. Akhirnya, saya coba mengunjungi akun-akun IG lainnya, banyak hal menarik disana. Dan ternyata saya jatuh cinta dengan akun beberapa orang yang isinya pemandangan alam Indonesia, khususnya di Jogja. Kelihatannya sangat mempesona, foto-foto itu adalah foto-foto lokasi wisata sekitar Jogja. Terjangkau pastinya, hanya saja saya jarang jalan-jalan. Jadi kepikiran kalo sebelum pulang kampung, Continue reading ‘Hobi baru yang terlupakan’

29
Sep
13

Entah bagaimana memulainya lagi

fachri2Sudah lama sekali, lama yang aku sendiri malas untuk menghitungnya. Iya sudah lama tidak ngeblog, padahal banyak sekali informasi dan tambahan pengetahuan yang didapat kalo rajin ngeblog. Sudah kali kesekiannya ini aku mengeluhkan hal yang sama, juga dengan alasan yang sama. Kataku si alasannya masalah waktu, waktu buat ngetik dan blogwalking. Padahal seharusnya itu bukan alasan. Soalnya kalo dirasa-rasa, waktunya si masih ada dan sempat.

Nah, ini kebetulan dapat job dari pak Bos tempat aku membabu bekerja sekarang untuk mengelola salah satu blog milik komunitas. Lumayan kembali sibuk blogwalking seminggu trakhir ini. Harapannya aku juga bisa kembali eksis di blog tercinta ini (hah lebay). Sembari mencoba blogwalking atas nama blogku ini, saya juga harus benar-benar menetapkan hati bahwa ngeblog ini manfaatnya besar. Sehingga aku bersemangat untuk terus ngeblog, berbagi ilmu, berbagi pengalaman.

Banyak baca itu asik, sumpah asik bgt, apalagi buat orang seperti aku yang kemajuannya masih tertunda. Membaca blog-blog yang berisi kisah inspiratif perjalanan hidup seseorang itu asli membuatku jadi bersemangat kembali. Nah kadang membacanya itu yang susah, kadang suka malas. Moga aja ini jadi salah satu turning point ku untuk maju. Sekarang yang aku perlu aku lakukan adalah memicu semangatku sendiri untuk terus membaca, mancari, berbagi agar menjadi maju, lebih maju dari sekarang. Continue reading ‘Entah bagaimana memulainya lagi’

01
Jan
13

2012 in review

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2012 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

600 people reached the top of Mt. Everest in 2012. This blog got about 3,900 views in 2012. If every person who reached the top of Mt. Everest viewed this blog, it would have taken 7 years to get that many views.

Click here to see the complete report.

Alhamdulillah, senang bangat rasanya dapat prestasi ini, walopun ga seberapa  dibanding blogger ternama yg sudah lebih berprestasi. Tapi aku bersyukur karena masih diberi kesempatan berkreasi dengan halaman maya ini untuk menuangkan semua curahan kehidupan yang sejuta makna. Hanya satu harapan saya, semoga di tahun 2013 ini, saya masih diberikan kekuatan dan ke-istiqomahan untuk merangkai tulisan di blog ini. Aku sadar, ditahun 2012 lalu, aku bisa dibilang gak produktif sama sekali. Entah kemana minat itu, seakan hilang ditelan bumi. Tapi niatan dalam hati ini masih ada. Semoga niatan itu akan lebih terealisasi ditahun 2013 ini, Amiin.

Mohon dukungan dari teman-teman blogger dan para pembaca semua. Diri ini masih perlu banyak koreksi masukan, dukungan positif serta motivasi..

26
Sep
08

lanjut ; 12 jam menuju kampoeng halaman

Setelah 2 malam nginap di tempat kakak di Mataram, aq berangkatke kampoeng halamanku tempat orang tuaku tinggal. Yah, sekitar 12 jam perjalanan yang harus ku tempuh menggunakan bis AKAP (antar kota antar propinsi-red) dan juga masih satu kali menyebrang lautan, selat alas. Sekitar jam 10 bis itu meninggalkan terminal, kakak ke tigaku yg mengantarku sudah pulang duluan karna harus menjemput anak pertamanya Riski di TKIT yang akan pulang jam 11 siang itu. Baru beberapa menit bis meninggalkan terminal, laju bis tersendat-sendat macam lagi puasa saja, kemudian beberapa kali berhenti untuk memperbaiki starter bis. Selanjutnya jalan lagi, juga masih tersendat-sendat, malah tambah parah. Bapak yag duduk satu bangku denganku sudah mulai jengkel dg kondisi itu, karna ia merasa urusannya akan tertunda jika perjalanannya terganggu.

Akhirnya, petugas bis turun dan mengecek keadaan mesin bis, sedangkan Bapak disampingku sudah mengeluarkan HP-nya, dan kudengar pembicaraannya ternyata dia menelpon agen bis tersebut dan melaporkan keadaan serta minta diganti dg bis lainnya. Beberapa saat kemudian, setelah memeriksa mesin bis, kernet bis pun menngumumkan bahwa penumpang akan di oper ke bis lainnya yang akan segera didatangkan, Uffhh, kataku, benar-benar menguji kesabaran. Tiba-tiba kakak ku sms aq dan menanyakan sudah sampai mana. Continue reading ‘lanjut ; 12 jam menuju kampoeng halaman’

21
Sep
08

I’m leaving…

Setelah ditunggu lama, akhirnya tanggal 20 Septmber lalu aq meninggalkan jogja menuju kampoeng halamanku. Setelah semua siap, aq bereskan sedikit barang yang harus dibawa. Tiba-tiba aq lupa, aq harus membawa kembali daging yang dikirim umi beberapa hari yang lalu, soalnya kalo aq tinggal nanti ga ada yg makan terus jadi basi. Lalu aq sempatkan untuk menggorengnya kembali agar tahan di jalan, padahal temanku yang sudah bersedia mengantar aq ke terminal sudah menunggu agak lama, aq yang dari tadi belum selesai siap-siap.

Setelah itu selesai, aq langsung berangkat ke terminal. Sampai di terminal, temanku langsung pulang karna dia ada janji. Wah aq ditinggal sendiri di terminal. Untung ada teman satu daerahku yg kuliah juga di UII, jadi ada teman ngobrol deh. Susah juga jadi orang melankolis, ga bisa menjadikan semua orang yang ditemuinya jadi sahabatnya…

Katanya sih, bis akan berangkat jam 14.30, tappi sampai jam empat-an bisnya baru berangkat, lebih telat dari jadual semula. Aq pun, meninggalkan kampoeng halaman ku yang ke dua (jogja). Tak sadar, hampir empat taun aq di jogja, aq jadi punya tiga kampoeng halaman, asyik juga jadi punya banyak keluarga.

Hah, perjalanan jauh yang biasa ku tempuh tiap tahunnya salama aq kuliah di jogja, dan empat tahun terakhir ini aq merasakan berbuka puasa dalam perjalanan. Seru juga jadi anak perantau… Continue reading ‘I’m leaving…’




Istanaminda

It's never too late to learn and understand

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

Ransel Ijo

iTravel, iLearn, and iLive

ourlivetogether

You and Me, living our life together

Blog English Club

Connect, Learn and Have Fun!