26
Dec
17

Tak terasa sudah satu tahun berlalu

Ada banyak sekali cerita untuk dijadikan tulisan di blog saya sebenarnya, tapi ya itu karena konsisten yang masih kurang, sehingga ceritanya menumpuk, akhirnya bingung mau menceritakan yang mana. Sejak tahun 2016 lalu, banyak yang sudah terlewatkan, mulai dari tempat pekerjaan yang baru, teman-teman yang baru, juga pendamping hidup yang baru. Iya, satu tahun kepulangan saya ke Lombok, tidak disangka saya akhirnya melepas masa bujang saya, mempersunting gadis dari daerah asal saya yang ternyata dulu sama-sama kuliah di universitas dan fakultas yang sama. Siapa sangka jodoh saya adalah orang yang pernah satu gedung fakultas dengan saya. Benar-benar taqdir Allah itu adalah misteri.

nikah_pressTepat pada tanggal 16 Desember 2016, saya melangsungkan akad nikah, melantunkan ijab dan qabul sebagai pengesahan atas anak gadis seorang Bapak yang sangat murah hati dan  rela anaknya dipersunting oleh saya. Sehari setelahnya baru acara resepsinya. Semua berlangsung sangat cepat. Di awal tahun 2016 lalu, saya tidak pernah kepikiran untuk menikah dipenghujung tahun, bahkan itu tidak masuk dalam rencana tahun 2016. Rencana dan persiapannya hanya berlangsung selama lebih kurang tiga bulan, mulai dari perkenalan, nadzor (melihat) wajah si calon istri, sampai membicarakan persiapan acara pernikahannya. Continue reading ‘Tak terasa sudah satu tahun berlalu’

Advertisements
13
Dec
17

Walaupun semangat itu kian menurun

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semangat manusia itu naik turun, kadang tinggi kadang rendah. Saya sendiri pun sama halnya dengan manusia lainnya yang memiliki semangat naik turun, salah satunya semangat ngeblog ini. Sudah hampir dua tahun saya hiatus dari ngeblog, sejak tulisan terakhir saya pada Januari 2016, ternyata sudah lama sekali. Tapi jujur dalam hati masih tersimpan, walaupun sangat kecil, keinginan untuk tetap ngeblog. Konsisten itu butuh perjuangan, apapun bentuk aktivitasnya. Bagi kebanyakan orang, ngeblog itu membosankan dan bahkan ada yang bilang buang-buang waktu. Tapi bagi saya, ngeblog itu luar biasa manfaatnya.

Saya tidak akan mengulangi pertanyaan bagaimana cara konsisten ngeblog lagi. Dulu memang pernah saya bertanya seperti itu. Sekarang harus take action, berjuang memupuk semangat itu agar tumbuh tinggi besar. Harus sering-sering ingat kalo ngeblog itu mempunyai jutaan manfaat, rugi kalau tidak dilakukan, apalagi bagi orang seperti saya yang sudah pernah aktif ngeblog, akan rugi sekali rasanya kalo itu benar-benar hilang. Bagaimana tidak rugi, karena ngeblog itu kita melakukan dua aksi sekaligus, berbagi manfaat (dari tulisan kita) dan mendapat manfaat (dari membaca tulisan orang lain). Kalo kita bisa rutin melakukan dua aksi itu, bayangkan saja ada berapa manfaat yang kita dapat dan kita bagikan kepada orang lain. Semoga ini adalah yang terkahir kalinya saya mengeluhkan semangat ini. Karena waktu untuk ngeblog itu selalu ada, jadi saya pun tidak mau menjadikan kesibukan sebagai alasan.

13
Jan
16

resolusi ditahun ini

Telat bgt ya baru ngomongin masalah resolusi? Namanya juga manusia, suka lupa kan wajar *bela diri*. Bukan gitu juga si, tapi memang sejak beberapa tahun terakhir, ketika tahun baru tiba saya mencoba untuk tidak menganggapnya istimewa dan berusaha menjadikan momennya seperti hari-hari lainnya. Ada apa? Karena memang tekad, niatan, kemauan, semangat yang katanya ada di dalam hati itu harus selalu ada dan tidak terikat oleh ruang dan waktu *haissh*, tidak terikat oleh momen hari atau perayaan tertentu. Ketika tahun sudah berganti, itu sama saja seperti kita menjalani pergantian hari, hanya saja jumlah hitungannya lebih besar yaitu dalam hitungan tahun, per 360 hari. Justru akan telat jika kita baru menyadari akan resolusi atau introspeksi diri ketika harus menunggu 360 hari. Menyiapkan resolusi dan instrospeksi setiap hari itu saya rasa lebih baik, karena itu menandakan kita peduli pada diri kita, apa yg kita kerjakan, kesalahana apa yang kita buat, apa yang belum terlakasana pada hari tersebut dsb., misalnya dilakukan sesaat sebelum tidur. Tapi bukan berarti yang menyiapkan resolusi tiap tahun itu tidak lebih baik lho ya, ini cm pendapat saya saja, hasil baca-baca dan renungan juga :D.

Jadi apa resolusi saya tahun ini? *lho* Yaaa tepatnya resolusi saat ini… Manusia itu tempatnya lemah dan bersalah kan ya. Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak taubatnya, begitu sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam. Hidayah yang Alloh berikan itu semata atas kehendak-Nya, tidak ada yang tau siapa yang Alloh kehendaki untuk mendapat hidayah, dan dengan cara seperti apa Alloh memberikan hidayah itu pada seseorang. Sebaliknya, Alloh berkehendak menyesatkan seseorang dengan cara membutakan hati seseorang juga semata atas kehendak-Nya . Tidak ada satupun yang dapat menghalangi hidayah Alloh, dan sebaliknya tidak ada satupun yang mampu menghindar dari kesesatan yang Alloh berikan. Ngeri ya kalo saja kita tau bahwa Alloh menyesatkan hati kita, kita melakukan segala sesuatu tanpa mikir salah atau benarnya, tanpa rasa khawatir akan dosa dan hukuman Alloh. Rasanya pengen nangis kalo mengingat semua keburukan dan kelemahan diri. Continue reading ‘resolusi ditahun ini’

10
Jan
16

Lombok itu gak melulu pantai

DSC_2669Sekali-sekali dong travelling bukan karena urusan pekerjaan. Bagaimana pun, namanya bekerja walopun bisa sambil jalan-jalan tetap saja pikirannya tidak se-plong dibanding dengan pure jalan-jalan, tanpa bekerja. Karena ini memang agenda spesial jalan-jalan, pastinya gak ke pantai dulu. Secara Lombok itu lengkap bgt, wisatanya tidak melulu pantai. Pesona keindahan alam pegunungannya juga sangat menawan dengan udara yang segar bebas polusi, sejuk sekali. Terlepas dari Gunung Rinjani yang menjadi salah satu icon Pulau Lombok, keindahan bebukitan dan air terjunnya melengkapi pesona alam pegunungan di Pulau Lombok. Nah, akhirnya, kali ini Alhamdulillah berkesempatan maen ke beberapa  air terjun yang hits banget di Lombok. Bertempat di Lombok bagian utara yang memang terkenal dengan wisata pegunungannya, air terjun ini mempunyai pesona alam yang sangat natural. Mencapainya perlu sedikit tenaga lebih dibanding bermain ke pantai. Tapi jangan khawatir, akses jalannya sudah sangat memadai, sehingga dari Kota Mataram dapat ditempuh sekitar dua jam sampai ke lokasi parkiran, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ala-ala anak explorer mendaki gunung melewati lembah menuruni tangga dan menyebrang beberapa aliran sungai dan melintasi bebatuan hutan yang besar. Continue reading ‘Lombok itu gak melulu pantai’

05
Dec
15

Bekerja sambil jalan-jalan

Lumayan sibuk dan capek dengan proyek yang sekarang. Proyek Penerapan Teknologi Tepat Guna Pembudidayaan Rumput Laut Hasil Kultur Jaringan ini dijalankan selama tiga bulan, berawal dari Oktober hingga Desember 2015 ini. Lokasinya yang jauh membuat perjalanan lumayan menguras energi. Tapi itulah nafkah yang harus dicari, susah senangnya tetap harus dilalui berharap rezeki yang sudah Allah tetapkan akan turun melalui kegiatan ini.

Membantu masyarakat pesisir dengan penerapan teknologi tepat guna merupakan tujuan dari proyek ini. Tim memberikan contoh terlebih dahulu cara pengelolaannya dengan cara uji coba. Jika berhasil, artinya masyarakat bisa mengelolanya sendiri dengan benar, maka kegiatan ini akan diserahkan kepada masyarakat sepenuhnya.

Proyek ini dijalankan di bawah naungan Dinas Kalutan dan Perikanan Lombok Barat, NTB. Hal yang saya cintai dari kegiatan ini adalah aksinya yang nyata dan langsung untuk kesejahteraan masyarakat khususnya daerah pesisir yang pada umumnya tingkat ekonomi mereka cukup rendah. Continue reading ‘Bekerja sambil jalan-jalan’

04
Dec
15

Hobi baru yang terlupakan

Judul ini mungkin agak aneh, karena umumnya orang akan lupa pada sesuatu yang telah lama, tapi saya berada dalam keadaan yang berbeda, lupa terhadap sesuatu yang baru dimiliki. Iya, kebiasaan baru yang secara tidak sadar menjadi sebuah hobi.

Tidak lama sebelum kepulangan saya ke daerah asal, NTB, saya coba melirik akun instagram yang sudah lama saya buat, tapi sudah lama juga tidak di update, alias nganggur. Akhirnya, saya coba mengunjungi akun-akun IG lainnya, banyak hal menarik disana. Dan ternyata saya jatuh cinta dengan akun beberapa orang yang isinya pemandangan alam Indonesia, khususnya di Jogja. Kelihatannya sangat mempesona, foto-foto itu adalah foto-foto lokasi wisata sekitar Jogja. Terjangkau pastinya, hanya saja saya jarang jalan-jalan. Jadi kepikiran kalo sebelum pulang kampung, Continue reading ‘Hobi baru yang terlupakan’

03
Dec
15

Banyak yang sudah terjadi

Berkali-kali hiatus dari dunia blogging, masih saja terasa berat untuk memulainya lagi. Itulah fenomena, hampir semua orang akan merasakan hal yang sama, sesuatu yang pernah biasa ia lakukan jika ditinggal lama akan terasa berat memulainya lagi.

Seperti apa yang terjadi pada diri saya, sampai sejauh ini, sejak postingan terakhir bulan Maret 2014 lalu, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam hidup saya. Mulai dari lulus kuliah, balik ke kampung halaman, lingkungan baru, tempat kerja baru, orang-orang dan teman baru, semuanya belum satupun yang saya ceritakan dalam blog yang sudah lama saya kelola ini. Entah sekarang dimana rimbanya teman-teman blogger satu perjuangan yang pertama kenal awal maniak blog. Semoga saja mereka selalu dalam lindungan Alloh, semakin sukses dan senantiasa dalam kebaikan. Aamiin. Continue reading ‘Banyak yang sudah terjadi’




Follow [moriku mantika] on WordPress.com

Kelender

July 2018
S M T W T F S
« Dec    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 33,809 hits

Top Posts

online

Visitors Map

Blogs I Follow

Stop Bugil
Advertisements

baiqrosmala.com

A Lifestyle Blog

Guratan Kaki

Travel Blog

Ceri(a)ta

Daily Life, Recipe, and Every lil' thing that I Love